Cara Sharing Data Antar PC dalam Satu Jaringan

28 views

Tarry.Info – Cara Sharing Data Antar PC dalam Satu Jaringan, Cara Sharing Data Antar PC dalam Satu Jaringan

Cara Sharing Data Antar PC dalam Satu Jaringan

Fungsi Sharing Data

Sharing data antar pc dilakukan jika dalam satu jaringan terdapat lebih dari satu perangkat komputer yang menggunakan jaringan yang sama. Pernahkah anda pergi ke warnet untuk mencari sebuah informasi dan ingin mencetak informasi yang anda perlukan sedangkan anda tidak membawa flashdisk untuk menyimpannya? Tentunya hal ini tidak sama ketika kita mencetak suatu lembar kerja dari komputer serta printer pribadi. Untuk bisa mencetak lembar kerja di sebuah warnet, tentu kita tidak bisa melakukannya sendiri. Karena printer di warnet hanya bisa digunakan oleh operator atau pemilik warnet tersebut. Lalu apa yang harus kita lakukan?
Sharing Data Antar PC dalam Satu Jaringan

Biasanya antara pc client dan pc server di warnet telah disharing satu sama lain. Jika anda menyampaikan kepada operator kalau anda ingin mencetak lembar kerja anda, biasanya anda akan diarahkan untuk menyimpan file anda pada sebuah folderatau drive yang telah disharing. Dengan demikian, operator bisa membuka file anda melalui pc server.

Untuk pc server sendiri biasanya juga men-sharing beberapa folder agar bisa dibuka oleh usernya, seperti folder musik, film, dan game. Bagi anda yang belum mengetahui cara sharing data andar pc dalam satu jaringan, simak tutorial berikut :

Cara Sharing Data Antar PC dalam Satu Jaringan Pada Windows 7 :

·      Buka windows Explorer dan tentukan folder mana yang akan disharing. Untuk contoh, saya ingin sharing folder music di server pc saya.
·      Klik kanan folder èshare with èpilih specific people

·      Kemudian akan muncul jendela baru. Klik panah bawah è pilih everyone èklik Add
·      Jika anda tidak ingin data/file anda diubah-ubah, maka cukup pilih Read. Sedangkan untuk pc client, data-data user yang ingin diprint biasanya perlu diedit/dirapikan terlebih dahulu sebelum diprint, maka pilih Read/Write. Kemudian klik Share
·      Tunggu hingga proses sharing selesai
·      Setelah proses selesai, maka akan muncul jendela, klik Done.

·      Maka proses sharing telah berhasil. Folder musik pada pc server sudah bisa dibuka oleh user di pc client.

Lalu, bagaimana cara membuka file/data yang telah disharing? Berikut tutorialnya :

Cara Membuka Data/File dari PC Lain yang Telah Disharing

·      Buka Windows Explorer, lihat sisi sebelah kiri, klik Network. Maka akan muncul nama-nama komputer yang terdapat dalam satu jaringan.

·      Maka anda akan menemukan data/file yang anda cari dari komputer lain
Bagaimana, mudah kan cara sharing data antar pc dalam satu jaringan? Selamat mencoba dan semoga artikel ini bisa membantu mempermudah pekerjaan anda. Salam sukses selalu…

By OperatorImut, operator yang imuut abiis… J

Baca juga : Berbagi Pengalaman dalam Menjalankan Bisnis Warnet Ala OperatorImut

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Cara Sharing Data Antar PC dalam Satu Jaringan, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Cara Sharing Data Antar PC dalam Satu Jaringan berguna untuk anda.

Leave a reply "Cara Sharing Data Antar PC dalam Satu Jaringan"