Tips Bagi Pemula Sebelum Memulai Usaha Warnet

74 views

Tarry.Info – Tips Bagi Pemula Sebelum Memulai Usaha Warnet, Tips Bagi Pemula Sebelum Memulai Usaha Warnet

Tips Bagi Pemula Sebelum Memulai Usaha Warnet

Tips Memulai Usaha Warnet

Ketemu lagi dengan OperatorImut, operator yang imuut abiis… 😀
Kali ini OperatorImutingin membagikan beberapa tips untuk Anda semua yang ingin memulai usaha warnet dan game online sesuai dengan pengalaman pribadi dalam menjalankan bisnis warnet. Tips ini sangat diperlukan agar usaha warnet yang nanti akan kita jalankan dapat berjalan maksimal dan mencapai target yang diinginkan, sehingga lebih cepat balik modal dan mendapat keuntungan dari bisnis warnet dan game online tersebut. Ok, gak usah berlama-lama dan bertele-tele, yuk kita simak apa saja sih tips ala OperatorImut­bagi para pemula sebelum memulai usaha warnet…

Tips Bagi Pemula Sebelum Memulai Usaha Warnet :

1.    Modal
Modal merupakan unsur terpenting yang diperlukan untuk memulai sebuah usaha. Meski sebagian usaha bisa dijalankan tanpa modal sama sekali, tapi tak sedikit pula usaha yang membutuhkan modal yang besar untuk bisa dijalankan. Nah, di sini yang kita bahas adalah modal yang digunakan untuk memulai usaha warnet. Tentu saja kita tidak bisa memakai modal gratisan untuk memulai usaha ini. Mau tidak mau, agar sebuah warnet dapat dijalankan, kita membutuhkan modal yang bisa dibilang cukup besar. Namun, modal tersebut dapat kita minimalisir sesuai budget atau isi kantong kita. Bagaimana sih cara meminimalisir modal untuk memulai usaha warnet? Berikut tipsnya :
          Menggunakan rumah pribadi sebagai tempat untuk membuka warnet. Di sini kita bisa menghemat biaya sewa ruko atau rumah kontrakan yang bisa dikatakan biayanya tidaklah murah.
          Menggunakan konsep lesehan. Dengan membuat konsep lesehan, kita bisa menghemat biaya untuk pembelian kursi. Kita cukup membeli meja, sekat, bantalan duduk, dan karpet.
          Membeli komputer second/bekas dengan spesifikasi yang mumpuni dan kondisi yang masih bagus. Tapi, kita harus pastikan terlebih dahulu apakah semua hardware di dalam komputer bekas yang kita beli kondisinya masih normal atau tidak. Jangan tergiur dengan harganya saja yang murah, karena bisa saja sebagian hardwarenya sudah beberapa kali mengalami kerusakan. Jika anda kurang mengerti masalah hardware, anda bisa mengajak teman atau teknisi yang ahli di bidang komputer. Komputer bekas dan baru dengan spesifikasi sama pada dasarnya akan memberikan fungsi yang sama pula. Oleh  karena itu, lebih baik kita beli komputer bekas karena harganya pasti jauh lebih murah, sehingga bisa menghemat modal.

Warnet OperatorImut dengan konsep lesehan
2.    Pemilihan Lokasi
Sebelum kita memulai usaha warnet, selain memperkirakan besarnya modal yang akan dikeluarkan, kita juga perlu memikirkan tempat yang strategis untuk memulai usaha warnet ini. Tempat strategis tidak harus di pinggir jalan raya supaya dilalui banyak orang. Tapi, tempat strategis bisa juga di kampung padat penduduk, maupun di desa yang di sana belum banyak pesaingnya. Jadi, tak harus sewa tempat di pinggir jalan agar warnet kita rame dikunjungi orang. Di perkampungan atau desa padat penduduk pun juga bisa dijadikan lahan untuk memulai usaha warnet. Semua tergantung bagaimana cara kita mempromosikannya kepada banyak orang dan mengolah usaha kita agar bertahan lama, serta selalu rame pengunjung.
3.    Target Pengunjung Warnet
Pelanggan setia warnet yang
masih berusia 5 tahun
Setelah kita menentukan tempat di mana kita akan menjalankan usaha warnet. Kita juga harus memiliki target pengunjung. Apabila warnet anda hanya untuk browsing dan download, kemungkinan target pengunjung yang akan datang ke warnet kita usia 13-50 tahun. Sedangkan jika warnet kita juga menyediakan fasilitas game online dan offline, kemungkinan besar pengunjung kita berasal dari kalangan anak-anak mulai dari usia 5 tahun hingga orang dewasa, sehingga target pasar sebuah warnet yang menyediakan game online dan offline akan lebih luas daripada warnet yang hanya menyediakan layanan browsing saja.
4.    Fasilitas Warnet
Buat pengunjung warnet anda merasa nyaman dan betah berlama-lama berada di depan komputer warnet anda dengan berbagai fasilitas pendukung. Berikan pelayanan sebaik mungkin yang mungkin tidak ada di warnet lain. Lengkapi fasilitas warnet anda dengan toilet, AC/kipas angin, kamera webcam, card reader, kabel data, headset atau speaker, dan lain sebagainya.
5.    Spesifikasi Komputer
Hal yang tak kalah penting dari fasilitas adalah spesifikasi komputer yang anda gunakan. Seperti yang kita bahas sebelumnya, kita tidak perlu komputer baru untuk warnet kita, tapi kita hanya butuh spesifikasi yang mumpuni yang mampu untuk menjalankan aplikasi yang kita butuhkan. Misalkan, kita ingin menyediakan fasilitas game online. Nah, untuk game online pasti dibutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi dibanding komputer yang hanya digunakan untuk browsing atau menjalankan aplikasi biasa. Untuk warnet yang juga menyediakan fasilitas game online gunakan spesifikasi komputer yang cukup tinggi minimal memiliki spesifikasi processor core 2 duo, RAM 2 GB, VGA 1 GB untuk komputer client, sedangkan untuk komputer server bisa menggunakan spesifikasi di atas itu, untuk layar monitor bisa menggunakan layar dengan ukuran mulai dari 17 inchi. Lengkapi dengan keyboard dan mouse gaming yang tidak mudah rusak, serta headset agar pengunjung anda semakin betah berlama-lama di warnet anda.
6.    Kecepatan Internet
Hal yang satu ini tak kalah pentingnya. Dengan kecepatan yang semakin tinggi, tentunya akan membuat pengunjung semakin tertarik untuk mengunjungi warnet anda. Karena dengan kecepatan tinggi akan membuat proses download semakin cepat bagi pengunjung yang hobi download, membuat streaming video juga tidak macet-macet bagi pengunjung yang gemar streaming Youtube atau nonton film online, serta membuat game online berjalan lancar tanpa adanya lag atau koneksi lemah yang menyebabkan stuck (loading berhenti) maupun disconnect secara tiba-tiba. Sebagai contoh, di warnet OperatorImutmenggunakan kecepatan 5 Mbps untuk 11 pc client dan 1 pc server. Anda bisa menentukan sendiri berapa kecepatan yang ingin anda gunakan di warnet anda tergantung kebutuhan internet dan banyaknya komputer yang anda gunakan, serta biaya yang akan dikeluarkan tiap bulannya.
7.    Usaha Pendukung untuk Warnet
Jika anda sudah memperkiraka hal-hal di atas dengan tepat. Anda juga perlu memikirkan tentang usaha sampingan pendukung yang bisa dikerjakan di warnet anda sebagai penghasilan tambahan. Anda bisa berjualan berbagai macam snack dan minuman agar pengunjung tidak perlu membawa atau membeli makanan dari luar. Bisnis berjualan pulsa dan voucher game juga bisa anda lakukan. Selain itu, ada usaha pendukung sampingan yang sepertinya wajib untuk anda lakukan, yaitu print dan scan. Print merupakan usaha pendukung yang tidak bisa dipisahkan dari usaha warnet, karena banyak pelajar maupun mahasiswa yang membutuhkan fasilitas ini untuk mencetak tugas atau informasi yang mereka peroleh dari browsing di warnet anda. Masih banyak lagi usaha sampingan yang bisa dikerjakan oleh owner warnet untuk menambah penghasilannya, tergantung ide dan inovasi anda untuk meningkatkan omset di warnet anda.
Memulai usaha warnet bukanlah hal yang mudah, perlu banyak pertimbangan yang harus dipikirkan masak-masak. Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha warnet tidaklah sedikit, maka dari itu anda harus bekerja keras dan penuh inovasi untuk memajukan warnet anda. Jangan biarkan pengunjung warnet anda pindah ke warnet lain gara-gara anda kurang inovasi dan kurang kreatif dalam mengelola usaha warnet anda.
Sekian beberapa tips yang bisa OperatorImut bagikan untuk para calon pengusaha warnet. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi anda untuk memulai usaha warnet. Jangan pernah menyerah dan semoga berhasil.
Terima kasih telah mengunjungi blog ini. Jangan lupa baca artikel-artikel yang lainnya.
Salam sukses dari OperatorImut. Operator yang imuut abiis… 🙂

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Tips Bagi Pemula Sebelum Memulai Usaha Warnet, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Tips Bagi Pemula Sebelum Memulai Usaha Warnet berguna untuk anda.

Leave a reply "Tips Bagi Pemula Sebelum Memulai Usaha Warnet"